Senin, 11 Mei 2015

Baros Information Technology Creative (BITC)


Gedung dengan arsitektur modern bernama Baros Information Technology Creative (BITC) yang diresmikan pada 27 Desember 2010 oleh Menkominfo Tifatul Sembiring. Lantai dasar hingga lantai 3 boleh jadi kosong, tetapi di lantai 4 ada sebuah komunitas yang tergeliat di Kota Tentara ini, bernama Cimahi Creative Association.
Gedung Baros Information Technology Creative yang terletak di Jalan HMS Mintaredja Baros merupakan salah satu fasilitas yang menjadi ikon Kota Cimahi. Sebagaimana diketahui, BITC adalah konsep dari Pemerintah Kota Cimahi yang akan menjadikan wilayah Baros sebagai pusat kegiatan baru di Kota Cimahi. Gedung BITC tersebut oleh Pemkot Cimahi rencananya akan dijadikan pusat kegiatan kreatifitas sebagai tempat kegiatan dan pelayanan yang berskala nasional maupun internasional. Gedung ini antara lain akan difasilitasi ruang pelayanan publik atau ruang display informasi layanan umum dan tempat untuk mengenalkan dunia Informasi Teknologi (IT) kepada masyarakat, perdagangan, serta ruang penelitian dan pengembangan bidang industri telematika.
Selain itu, akan disediakan pula ruang untuk Studio Research and Development bidang informatika dan telekmunikasi, fasilitas untuk tenaga ahli IT dalam melakukan penelitian, ruang komputer untuk mengakses perkembangan teknologi, ruang tempat pelatihan IT dan Kegiatan Komunitas CCA (Cimahi Creative Association) ada juga untuk ruangan display dan simulasi multimedia, tempat seminar, diskusi dan rapat serta ruang sarana dan prasarana film dan animasi.
Di BITC ini pula nantinya akan dikembangkan menjadi Internet Data Center (IDC), fasilitas penyimpanan data bagi para Internet Service Povider (ISP), tempat pengembangan investasi infrastruktur untuk sentral TV kabel, fasilitas pengembangan dan produksi software untuk film dan animasi. Yang tak kalah pentingnya di gedung ini adalah adanya fasilitas sosial dan umum berup cyber cafe, fasilitas IDC dan ruang data hasil penelitian serta server utama dengan jaringan yang lengkap dapat diakses oleh masyarakat umum.

Gedung yang rencananya akan difasilitasi dengan ruang layanan publik ini sudah mulai menyelenggarakan kegiatan sejak awal tahun 2011. Kegiatan yang diselenggarakan bekerja sama dengan beberapa instansi lain, baik dari pemerintah maupun swasta. Salah satu kegiatannya adalah “Technopreneur Camp” pada bulan Juli lalu dalam rangka peringatan HUT ke 10 kota Cimahi. Pada kegiatan ini CCA bekerjasama dengan BPPT menyelenggarakan kegiatan yang bertema “Menumbuh kembangkan wirausaha baru berbasis teknologi kreatif”. Kegiatan tersebut bertujuan untuk menindaklanjuti hasil-hasil kreativitas berbasis teknologi kreatif dari para inovator, invertor maupun kreator di Kota Cimahi agar produknya bisa dikomersialkan.

Posted by Agus Hermansyah

0 komentar:

Posting Komentar